Cara ke Taman Nasional Baluran

Etransportasi.com - Ingin merasakan sensai seperti sedang beranda di padang rumput di Afrika ? Objek Wisata Taman Nasional Baluran adalah tempat yang cocok untuk mewujudkan keinginan Anda. Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini memang terkenal akan padang savananya yang terhampar luas layaknya di Afrika sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan Afrikanya Indonesia. Berikut cara ke Taman Nasional Baluran Situbondo.


Nama Baluran sendiri diambil dari Gunung Baluran yang menjulang tinggi di area Taman Nasional ini. Selain padang savana dan keanekaragaman satwanya, di Taman Nasional Baluran juga terdapat Pantai lho, jadi selepas berpanas-panas di melihat pemandangan padang savana di Bekol kita dapat berendam segarnya air laut di pantai Bama yang terletak di dalam Taman Nasional ini.

cara ke taman nasional baluran dengan transportasi umum

Loket masuk Taman Nasional Baluran buka mulai pukul 08.00 pagi, untuk dapat menuju ke padang Savana/ Sabana maupun Pantai Bama dari gerbang depan masih berjarak sekitar 12 km, sehingga akan lebih cepat bila Anda menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor. Apabila Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi jangan khawatir, ddi gerbang masuk taman nasional ini kita dapat menggunakan jasa ojek di Taman Nasional Baluran yang bertarif Rp 50.000 untuk sehari berkeliling atau dapat pula menyewa motor seharga Rp 100.000 sehari.

wisata taman nasional baluran situbondoindahnya taman nasional baluran situbondo

Cara ke Objek Wisata Taman Nasional Baluran dengan Transportasi Umum

* Banyak Bus jurusan Surabaya menuju Banyuwangi via Situbondo yang biasanya hanya sampai Probolinggo, sehingga nanti Anda akan di oper ke bus lainnya tujuan Banyuwangi via Situbondo

1. Dari Jakarta ke Taman Nasional Baluran
Cara 1 ini dapat digunakan juga untuk keberangkatan dari JABODETABEK.

Anda dapat menggunakan bus jurusan Jakarta-Banyuwangi via Situbondo, karena kebanyakan armada bus jurusan Jakarta-Banyuwangi lewat Jember dan tidak lewat Situbondo maka Anda dapat meminta kepada agen bus untuk diikutkan bus yang jurusan Denpasar karena umumnya bus yang ke Denpasar lewat Situbondo. Kalau memang tidak bisa tidak masalah, Anda bisa tetap menggunakan Bus jurusan Banyuwangi dan turun di Terminal Probolinggo kemudian naik bus yang jurusan Banyuwangi via Situbondo dan turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Dengan Kereta Api
Dari Jakarta naik Kereta Api jurusan Surabaya Gubeng, dari Stasiun Gubeng Surabaya naik lagi Kereta Api jurusan Banyuwangi seperti Mutiara Timur, Sri Tanjung, dan Probowangi. Dari Banyuwangi dilanjutkan naik bus jurusan Surabaya via Situbondo, ingat naik yang lewat Situbondo karena ada juga yang lewat Jember.

Dengan Pesawat Udara:
Dari Jakarta ke Surabaya, kemudian dari Bandara Juanda naik Bus Damri jurusan Bandara Juanda-Terminal Bungurasih. Dari Terminal Bungurasih naik Bus jurusan Banyuwangi via Situbondo, ingat naik yang lewat Sitobondo seperti Bus AKAS dan Mila Sejahtera, turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran.

2. Dari Bandung ke Taman Nasional Baluran
Naik Bus Kramat Djati atau Pahala Kencana jurusan Banyuwangi via Situbondo atau ikut yang jurusan Denpasar, turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran

Dengan Pesawat:
Naik Pesawat ke Surabaya, kemudian dari Bandara Juanda naik Bus Damri jurusan Bandara Juanda-Terminal Bungurasih. Dari Terminal Bungurasih naik Bus jurusan Banyuwangi via Situbondo, ingat naik yang lewat Sitobondo seperti Bus AKAS dan Mila Sejahtera, turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran

Dengan Kereta Api:
Anda dapat menggunakan Kereta Api jurusan Surabaya, turun di Stasiun Gubeng. Dari Stasiun Gubeng Surabaya naik lagi Kereta Api jurusan Banyuwangi seperti Mutiara Timur, Sri Tanjung, dan Probowangi. Dari Banyuwangi dilanjutkan naik bus jurusan Surabaya via Situbondo, ingat naik yang lewat Situbondo karena ada juga yang lewat Jember.

3. Dari Yogyakarta ke Taman Nasional Baluran
Dari Jogja ke Taman Nasional Baluran bisa menggunakan Bus Mila Sejahtera atau AKAS jurusan Yogyakarta-Banyuwangi dan bisa memilih untuk turun di Banyuwangi atau Probolinggo. Bila turun di Probolinggo dilanjutkan naik bus jurusan Banyuwangi via Situbondo, bila turun di Banyuwangi dilanjutkan naik bus jurusan Surabaya via Situbondo, turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran. Dari dua opsi turun di Probolinggo akan lebih cepat bila memilih opsi turun di Banyuwangi.

Dengan Kereta Api:
Anda dapat menggunakan Kereta Api Sri Tanjung jurusan Jogja-Banyuwangi. Sama halnya dengan menggunakan bus, Anda dapat memilih turun di Banyuwangi atau Probolinggo kemudian melanjutkan dengan armada bus ke Taman Nasional Baluran.

4. Dari Surabaya ke Taman Nasional Baluran
Naik bus jurusan Surabaya-Banyuwangi yang lewat Situbondo seperti Mila Sejahtera atau AKAS dan turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran, jangan naik yang lewat Jember karena tidak melewati Taman Nasional Baluran.

5. Dari Semarang ke Taman Nasional Baluran
Dari Semarang bila ingin langsung turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran dapat menggunakan bus-bus jurusan Denpasar via Situbondo namun tentu dengan tiket yang lebih mahal karena tujuan akhirnya ke Denpasar. Alternatifnya Anda harus estafet ke Surabaya dahulu, dari Terminal Terboyo banyak bus-bus tujuan Surabaya seperti Jaya Utama atau Indonesia. Kemudian dari Surabaya dilanjutkan naik bus jurusan Banyuwangi yang lewat Situbondo seperti Bus AKAS atau Mila Sejahtera, turun di Pintu masuk Taman Nasional Baluran.

6. Dari Merak ke Taman Nasional Baluran
Naik Bus jurusan Merak-Surabaya seperti Rosalia Indah, turun di Terminal Bungurasih. Dari Terminal Bungurasih Surabaya naik bus jurusan Banyuwangi yang lewat Situbondo, turun di depan Pintu masuk Taman Nasional Baluran.

7. Dari Solo ke Taman Nasional Baluran
Naik Bus Mila Sejahtera atau AKAS jurusan Jogja-Banyuwangi  via Solo dari Terminal Tirtonadi, bus tersedia mulai pukul 14.00 hingga 20.00. Turun di Terminal Probolinggo kemudian naik bus jurusan Banyuwangi yang lewat Situbondo.

8. Dari Malang ke Taman Nasional Baluran
Dari Terminal Arjosari Malang naik Bus Harapan Baru jurusan Banyuwangi, bus ini lewat Jember sehingga kita harus turun di Terminal Probolinggo kemudian dilanjutkan naik bus jurusan Banyuwangi yang lewat Situbondo.

2 komentar untuk "Cara ke Taman Nasional Baluran"

  1. Apa boleh dari pintu masuk baluran menuju ke savana dan pantai bama menggunakan bus ?

    BalasHapus
  2. Apa boleh menggunakan bus mulai pintu masuk menuju ke savana dan pantai bama

    BalasHapus